Minggu, 01 Mei 2011

Membuat Watermark Secara Massal

Thank you for using rssforward.com! This service has been made possible by all our customers. In order to provide a sustainable, best of the breed RSS to Email experience, we've chosen to keep this as a paid subscription service. If you are satisfied with your free trial, please sign-up today. Subscriptions without a plan would soon be removed. Thank you!

Untuk menandai sebuah foto adalah kepunyaan Anda atau agar tidak dipakai orang lain, maka Anda bisa memberinya watermark. Dalam foto akan ada tulisan atau gambar logo sesuai keinginan. Watermark bisa dibuat dengan beragam software misalnya photoshop dan sebagainya. Namun jika foto yang ingin diwatermark ada ratusan bagaimanakah caranya?

Salah satu software yang bisa dipergunakan untuk membuat watermark secara massal adalah Faststone Image Viewer. Untuk mengunduh dilakan menuju faststone.org. Terdapat juga versi portablenya jika Anda tidak ingin repot menginstall.

  • Sebelumnya buatlah dahulu file gambar watermark Anda. Bisa logo ataupun nama. Bagusnya berformat gif atau png dengan background transparan. Membuatnya bisa memakai photosop, gimp dan sejenisnya.
  • Setelah selesai bukalah Faststone dan blok seluruh file yang akan diberi watermark. Kemudian klik kanan – Tool – Batch Convert. Atau tekan F3. Baiknya seluruh file yang akan diberi watermark dijadikan satu folder, jadi lebih mudah memilihnya.

  • Centang Use Advance Option dan klik tombol dikanannya.

  • Pilih tab Watermark kemudian centang Add Watermark.
  • Klik bagian Watermark Image dan carilah file gambar Watermark yang telah Anda buat.

  • Setelah watermark tampil Anda bisa mengutak atik posisi dan transparasinya melalui menu yang tersedia.

  • Setelah selesai Anda akan dibawa ke halaman sebelumnya. Tentukan dimana Anda akan menyimpan hasil convert watermark melalui menu Output Folder.

  • Kemudian klik Convert dan seluruh file gambar Anda akan diberi watermark. Hasilnya seperti ini. Watermark ada ditengah gambar.

Kalau masih bingung silakan lihat videonya.

http://www.youtube.com/watch?v=81G7whapC4A

Dengan sekali klik Anda bisa memberi watermark ratusan foto. Jadi lebih menghemat waktu daripada satu persatu.

Semoga Bermanfaat

Darmawan 02 May, 2011


--
Source: http://darmawanku.com/2011/05/02/membuat-watermark-secara-massal
~
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar